SPRING

SALE

Save Up to 50%

Lolos Imigrasi dalam 1x Cek, Ini Caranya!

May 3, 2018

Imigrasi sejauh yang saya tahu, yang paling ketat Singapura (karena saya belum pernah ke Korea Utara). Karena di Singapura, kita bawa barang mencurigakan atau rokok lebih dari 1 pak pasti langsung digiring ke customs. 

 

Di luar itu (terutama di Eropa) cukup mudah. Untuk smokers tenang aja, rokok dan korek gas kamu aman. Ngga akan disita. Tapi untuk barang lain kayak gunting, pisau lipat, linggis, atau gergaji (yaelaaa mau liburan apa bertukang); ngga perlu dibawa. 

 

Kita mulai dari masuk ke pengecekan yah.

 

Dua jam sebelum kamu boarding, ada baiknya setelah check-in kamu langsung masuk ke immigration check. Langkah ini untuk mengantisipasi kalau-kalau antrian mengular sepanjang 500 meter (tol Cipali kali!). Atau, kalau kamu baru sekali berkunjung ke suatu negara dan ngga familiar sama airportnya. Penerbangan internasional di airport negara besar biasanya ada di gate-gate ujung.

 

Beberapa airport yang saya tau track-nya panjang adalah Airport Fiumicino Italia dan Charlles De Gaulles Perancis.

 

Masuk ke pengecekan, kamu ambil beberapa box plastik tempat naruh barang semua barang bawaan harus kamu taruh di dalamnya. Kalau kamu pakai jaket, coat, kacamata hitam, perhiasan, jam tangan, semua kamu taruh. 

 

Kemudian, di beberapa negara ada petugas yang minta kamu untuk menunjukkan passport dan boarding pass. Hand in, tapi jangan lupa diminta lagi dan taruh di box terakhir, in case tas atau barang kamu di box sebelumnya, dikembalikan lagi.

 

Supaya tidak dikembalikan bagaimana?

 

1. Laptop, ipad, tablet, dan gadget lainnya kamu keluarkan dari tas dan taruh box. 

2. Shampoo, sabun cair, dan parfum kamu kemas di satu pouch dan keluarkan dari tas.

3. Jangan bawa senjata tajam apalagi bom.

4. Obat-obatan tetap pada kemasannya, hindari bawa yang bentuk sirup. Jika memang ada, keluarkan juga.

5. Jangan bawa air mineral. Habiskan di luar. Nanti beli aja lagi di dalam gate.

 

Barang bawaan beres, tapi ketika lewat metal detector bisa jadi suruh balik lagi. Supaya kamu ngga bolak-balik:

1. Jangan pakai boots. A big no no. Otherwise, kamu bakal disuruh copot boots hitz kamu itu. Bahkan di beberapa airport, pakai keds over-the-heel pun suruh copot juga. 

2. Jangan lupa lepas kacamata hitam yang nangkring di atas kepala, jam tangan dan perhiasan.

3. Jangan sakuin alat-alat tulis dan recehan.

 

Mudah-mudahan ini cukup membantu kamu dalam perjalanan kamu. Nggak enak banget kan kalau kamu keliling di beberapa negara mesti riweuh bolak-balik dan bete sama petugas imigrasi setempat?

 

 

 

 

Please reload

Please reload

Indekostour.

PT Ilumina Trans Indonesia. All rights reserved.