SPRING

SALE

Save Up to 50%

Jalan-Jalan ke Oslo Cuma Modal 1 Juta-an! Bukan Iklan!

May 4, 2018

Masa bisa sih ke Norwegia cuma Rp 1 juta-an? 

 

Bisa. Ikuti cara paling irit ini!

 

Kamu bisa cari flight ke Amsterdam (Schiphol) kemudian lanjut naik bis (Flixbus) ke Copenhagen (Denmark), dengan harga mulai dari 20 euro. Coba deh kamu cek dulu lebih lengkap di artikel liburan ke Copenhagen.

 

Setelah kamu jalan-jalan di Copenhagen, barulah kamu naik bus lagi ke Oslo dengan perjalanan sekitar 9-10 jam. Tarif Flixbus dari Copenhagen ke Oslo cukup murah, yakni mulai dari 17 euro atau sekitar Rp 500 ribu. Jadi tiket pp ke Copenhagen lagi cuma habisin Rp 1 jutaan (cari jam yang sesuai dan murah). Kalau kamu ambil perjalanan malam dari Copenhagen, kamu bisa tidur di bus. Ngga perlu malu atau risau, bus ini biasa mengangkut aneka penumpang yang tidur di dalamnya dari berbagai penjuru negara dengan kondisi finansial yang bervariasi (haa!).

 

Sebagai ibukota Norwegia, Oslo bisa dibilang cukup kecil. Kita keliling seharian sampai malam pun sudah cukup, kalau kamu bisa strict dengan jadwal. Tempat pertama ketika kamu sampai di Terminal Bis (Bus Terminalen Galleriet), kamu bisa jalan sekitar 30 menit ke pusat kota. 

 

 

 

Beberapa tempat yang bisa kamu kunjungi di antaranya adalah Storting Building. Ini merupakan Gedung Parlemen di Oslo. Di depan gedung ini, kamu bisa istirahat menikmati pemandangan di tamannya sambil ngopi-ngopi cantik. Di sekeliling kamu, banyak kafe berjajar. Baik di taman maupun di sepanjang jalan. Bahkan Hard rock Cafe pun ada. Kamu bisa memilih makan dan minuman yang rata-rata harganya mulai dari 30 krona atau sekitar Rp 50 ribu (1 krona Norwegia Rp 1.600)

 

Dari Storting Building, kamu bisa jalan ke arah kanan (kalau kamu mengahadap Storting Building). Sekitar 5 menit jalan kaki, kamu bakal menemukan Radhuset Plassen atau Gedung Cityhall. Gedungnya berwarna merah cukup mencolok karena di sekitarnya tidak ada gedung lain. Tapi letaknya sedikit masuk ke jalan setapak.

 

Kemudian dari Radhusset, kamu bisa jalan kaki lagi sekitar 5 menit ke arah taman, kamu akan menemukan National Theatret. Kamu bisa lihat dari Patung Henrik Ibsen di main entrance. Ibsen adalah penulis Norwegia yang sangat dihormati.

Dari National Theatret, kamu bisa jalan 15 menit ke Slottsplassen atau Royal Palace. Sepanjang jalan Karl Johan Gate menuju Slottsplassen, lihat sisi kanan. Kamu akan melihat ada Kampus Oslo (University of Oslo). Ya kali aja kan kamu mau apply beasiswa di situ.

 

Nah, 15 menit perjalananmu menuju ke Slottsplassen akan membakar kalorimu cukup banyak (langsing, langsing!). Jalanan sedikit berpasir dengan krikil di sana-sini dan menanjak. Angin juga agak kencang. Tapi terbayar ketika kamu naik sampai puncak tangga, di situ kamu akan melihat patung Karl III Johan yang menunggangi kudanya. Karl III Johan adalah raja pertama di Norwegia yang juga raja Swedia di tahun 1818, ketika Norwegia merdeka dari Swedia. Tapi kan dia juga raja ya di Swedia? Kumaha atuh?  Dan, yang lebih dipertanyakan lagi dia merupakan Jenderal Perangnya Napoleon Bonaparte. Yah, nanti kapan-kapan kita bahas.

 

Anyway, di belakang patung super besar itu, terdapat Istana Kerajaan Norwegia atau Slottsplassen tadi. Biasanya orang seneng nih foto-foto di sini.

 

Semua yang kamu kunjungi di list tadi, gratis. Kamu juga bisa lihat Christiana Kerk, Oslo Cathedral, dan lain-lain hanya dengan berjalan kaki. Bahkan kalau kamu ke Sentral Stasjon atau Oslo S, kamu bisa lihat ada patung macan juga yang jadi daya tarik bagi wisatawan.

 

 

 

Oslo ngga cuma kaya arsitektur atau landmark yang unik, kalau kamu doyan belanja mungkin bakal tertarik juga sama shopping centre di pusat kota dengan aneka brand terkenal. Kuatkan imanmu! KIta masih akan jalan-jalan ke negara lain.

 

Please reload

Please reload

Indekostour.

PT Ilumina Trans Indonesia. All rights reserved.