SPRING

SALE

Save Up to 50%

Ini 5 Aplikasi Wajib Punya Saat Jalan-Jalan ke Mancanegara!

May 3, 2018

Berkeliling mancanegara dengan membawa barang bawaan sebelum maupun sesudah perjalanan (biasanya jadi pengepul oleh-oleh), kita tentu tidak mau direpotkan dengan masalah tersesat, lost in translation, ketinggalan kereta, dan sebagainya. Ini beberapa aplikasi yang bisa membantu kamu!

 

1. Google Maps

 

Ternyata masih banyak juga loh turis yang mengandalkan maps kertas. Astaga! Pusing ngga yah bolak-balik peta kayak Dora the Explorer? Sekarang kamu bisa dengan mudah pakai Google Maps.

 

Dibandingkan aplikasi navigasi lainnya, Google Maps lebih akurat menentukan "Your Location" dan titik destinasimu (jika itu berupa public area). 

 

Di Google Maps, kamu juga bisa pilih preferensi kamu buat jalan kaki, naik kereta (tram, metro, sprinter), bus, naik mobil pribadi (atau numpang), atau naik taksi.

 

Dari situ, kamu bisa pilih pakai kendaraan apakah (atau jalan kaki) yang lebih cepat sampai tujuan.

 

Kamu juga akan diberikan referensi jadwal kedatangan kereta di stasiun kamu berada, jalur-jalurnya, dan ada berapa titik pemberhentian (stops) sebelum kamu sampai tujuan.

 

Ketika kamu jalan kaki pun, kamu akan diarahkan berapa ratus meter mesti belok ke mana, jalan lurus hingga berapa meter lagi, tujuan kamu ada di sebelah kanan atau kiri jalan, dan sebagainya.

 

 

 

2. Transportation Ticket Booking

 

Go Euro 

Buat kamu yang akan bepergian ke Eropa dalam waktu singkat dan ngga masalah soal budget, aplikasi yang satu ini sudah pasti jadi andalan.

 

Kamu mau pilih naik kereta, pesawat, atau bus bisa cari di sini. Semua dalam satu aplikasi. Tapi, harga yang ditawarkan lebih mahal tentunya aripada kalau kamu pesan di perusahaan penyedia jasa transportasinya langsung.

 

 

 

 FlixBus

 

Ini adalah aplikasi milik Flix Bus. Flix Bus ini semacam bus Antar Kota Antar Provinsi, yang bisa mengakomodasi perjalanan kamu ke 18 negara di Eropa. Baik itu Eropa Barat, Utara, Selatan, maupun Timur. 

 

Tiket yang ditawarkan cukup murah mulai dari 9 euro, tergantung jarak. Pakai aplikasi ini, kamu bisa tahu berapa lama perjalanan ditempuh, transit di mana, memilih jadwal, dan kamu juga bisa punya record perjalanan serta tiket kamu. 

 

Aplikasi ini juga terhubung di e-Wallet.

 

 

 

 3. Elk Converter

 

Mengetahui kurs mata uang asing sudah jadi keharusan di negara lain. Nilai tukar ini tidak perlu kamu update di internet, karena secara offline, dan tersedia 167 mata uang asing yang bisa kamu konversikan ke Rupiah.

 

Belanja, beli makan, minum, atau beli tiket sekarang tidak perlu was-was. Kamu bisa memonitor terus pergerakannya tanpa harus browsing.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

4. Taksi Online

 Uber

 

Uber masih jadi jagoan di Amerika, sebagian besar negara Asia Timur, juga Eropa Barat dan Selatan.

 

Tapi kalau kamu di Eropa Utara, kamu tidak akan bisa menemukan Uber. Tidak ada jalan lain selain menggunakan transportasi umum. 

 

Sama seperti di Indonesia, permasalahan Taksi Online juga ditemui di negara-negara lain, yakni tidak bolehnya mereka masuk ke bandara atau bahkan terminal bus untuk menjemput penumpang.

 

Di beberapa negara yang bukan English-speaker, seperti Perancis dan Italia, mungkin kamu juga akan menemui 'penolakan' alias order dibatalkan begitu tahu kamu orang asing.

 

Bukan karena rasis, tapi lebih karena si driver kadang ngga bisa Bahasa Inggris.

 

 

 

 My Taxi

 

My Taxi merupakan aplikasi buatan Amerika yang perusahaan pembuatnya bener-bener udah ngga ngerti lagi deh ambil untungnya dari mana.

 

Pertama, tarif taksi ini lebih murah daripada Uber, terpaut 2-5 euro, tergantung jarak. 

 

Kedua, armada taksinya yang tentu punya drivernya kebetulan atau ngga, tapi bagus-bagus dan bersih. Semua dilabeli MyTaxi.

 

 

 

 

 

 

5. Translator

 

Aplikasi translator ini cukup penting untuk negara-negara yang bahasa keduanya bukan Bahasa Inggris. Walaupun mungkin kamu juga bakal kelabakan kalau untuk Bahasa Perancis atau Mandarin.

 

 

 

 

 

 

 

Aplikasi lain yang jangan lupa diinstall tentu saja Mobile Banking akun bank kamu. Kalau-kalau credit card butuh diisi, tinggal akses ke M-Banking. Tapi tentu saja, yang pertama harus diisi adalah saldo kamu! Semoga ini cukup membantu yah!

 

 

 

Please reload

Please reload

Indekostour.

PT Ilumina Trans Indonesia. All rights reserved.