SPRING

SALE

Save Up to 50%

Kuliner Pilihan : Les Moules-Frites, Kerang Hijau Khas Belgia

May 7, 2018

 

 

Memasuki musim gugur alias autumn, kita harus mulai bongkar-bongkar sweater dan jaket yang tebel, termasuk saya. Bisa double-double kayak buntelan kasur. Maklum, Wong Jowo kesasar ning Londo, kadang masih kesusahan untuk adaptasi dengan cuaca dingin.

 

Nah, di musim yang banyak angin ini, kita di Belgia punya satu makanan yang kayak wajib banget harus ada, yakni Le Moule-Frites, atau kerang hijau tumis dilumuri saus khas Belgia dan disajikan dengan kentang goreng. Makanan ini dikonsumsi warga Belgia bukan karena bikin anget atau apa, ya. Tapi, sudah semacam tradisi di Belgia, makan kerang di musim dingin.

 

Ternyata, makanan ini ada sejarahnya, loh! Di suatu musim dingin pada abad 18, harga-harga makanan di Belgia melonjak naik karena semua hasil panen dan ternak sebagian besar gagal. Hasil tangkapan ikan pun sangat sedikit. Mereka akhirnya menemukan solusi berupa konsumsi makanan murah dan berprotein tinggi, yakni kerang hijau.

 

Belgia yang terletak antara pesisir Barat dan pesisir utara Samudera Atlantik ini, memiliki aliran sungai yang sangat bagus kondisinya untuk habitat kerang. Sehingga, bulan Juli sampai April tahun berikutnya, kalau ditotal Belgia bisa menghasilkan lebih dari 70.000 ton kerang per tahun!

 

Biasanya kerang atau remis hijau ini disajikan dengan Belgian Fries. Resep tradisional ini lahir pada tahun 1875 di salah satu dapur di Liège. Hasil panen kerang ini dari Zeeland, yaitu wilayah perbatasan Antwerp dan Belanda bagian utara. 

 

Ada beberapa cara untuk memasak remis atau kerang hijau ini:

 

  • Moules nature: kerang hijau natur yang dimasak dengan bawang putih, seledri dan anggur putih).

  • Moules Crème: kerang hijau yang dimasak dengan anggur putih dan dikentalkan dengan krim.

  • Moules Parquées : Kerang hijau yang disajikan mentah dan dimakan dengan saos mustard

  • Moules à la bière: Kerang ini dimasak dengan bir dari pada anggur putih.

  • Moules à l’ail : Kerang yang disangrai hanya dengan bawang putih.

Uniknya, masakan ini kerap disajikan langsung dari pancinya! Kamu juga bisa makan langsung dari panci, tapi tentu itu tidak wajar. Jangan khawatir dengan takarannya, dijamin perut terisi penuh karena orang sini kalau masak kerang udah kayak masak kacang rebus. Dalam 1 porsi biasanya bisa sampai 200 gram kerang, atau sama kayak makan 1 porsi besar steak sapi! Seolah itu belum cukup bikin gagal diet, kamu akan disuguhi pula kentang goreng ala Belgia sebagai 'side-dish', plus mayonnaise. Arghhh, tidaaak! 

 

Tapi, jangan mikir diet deh! Kalo kamu ke Belgia, harus banget nyobain makanan ini! Untuk dapetin makanan ini susah-susah gampang, jadi kalo liburan di Europe dan cuman bisa mampir Brussels, ada beberapa restaurant yang sudah berdiri lebih dari 100 tahun yang menyajikan masakan khas ini, yaitu:

 

  • Chez Leon: Rue des Bouchers, 18

  • Friture René : Place de la Résistance, 14

  • Au Vieux Brussels : Rue Saint-Boniface, 35

  • Au Pré-salé : Re de la Flandre, 20

Kita tunggu di Belgia ya!

Please reload

Please reload

Indekostour.

PT Ilumina Trans Indonesia. All rights reserved.