SPRING

SALE

Save Up to 50%

Kuliner Pilihan : Asal-Usul Frites Belges

May 8, 2018

 

Pasti tahu kan kalo Belgia itu terkenal sama coklat nya. Cuman.. gak cuman coklat aja! Ada banyak! Ada bir ada wafel dan ada macem-macem. Nah sekarang kita bahas kentang goreng.

 

Banyak orang bilang kalo kentang goreng itu asli dari Perancis, soalnya kita nyebutnya French Fries. Tapi sebenernya negara yang memperkenalkan kentang goreng itu dari Belgia. Dulu saat perang dunia pertama banyak sekali tentara Amerika yang bersinggah di Perancis yang notabene tidak banyak juga para tantara itu  tau wilayah geografi dengan tepat, karena memang sih faktanya ada beberapa daerah di Belgia yang Bahasa pengantarnya menggunakan Bahasa Perancis, nah maka para tentara itu memberi nama French fries daripada Fried Potatoes.

 

 

 

Sejarahnya, kentang ditemukan oleh Bangsa Spanyol di abad ke 15, lalu dibawa ke Prancis oleh salah satu Nutrisionist  dari Perancis bernama Antoine Augustine Permentier. Dua ratus tahun kemudian atau abad 17, kentang goreng diperkenalkan oleh Belgia tepatnya di satu daerah antara Liège dan Dinant tepatnya di daerah Namur oleh Namurois (orang yang berasal dari daerah itu) 1739/ 1740. Ide ini ditemukan dengan kebiasaan orang Namur suka memancing dan menggoreng ikan hasil tangkapanya, maka jadilah si kentang goreng ini. 1 hal tanggal 1 Agustus ditetapkan hari lahir Belgian fries. Jangan salah Belgian Fries juga ditetapkan sebagai heritage dunia oleh UNESCO tahun 2014 :D

 

Lalu pertanyaanya digorengnya pake apa? Saat itu belom ada minyak, maka lemak dari sapi menjadi solusi, karena di masyarakat Eropa bagian utara saat itu banyak mengkonsumsi bahan hewani. Sampai sekarang banyak sekali penjual gorengan di sini (Friterie) atau ibu rumah tangga menggunakan lemak sapi untuk menggoreng kentang, karena jika tidak memakai lemak sapi kentang yang di goreng tidak akan renyah dan tahan lama. Teknis penggorenganya pun berbeda, harus 2 kali penggorengan. Tujuanya untuk mendapatkan kerenyahan yang maksimal dan kelembutan di dalamnya. :p

 

 Nah saat jalan-jalan di Belgia kentang goreng sangat mudah dicari. Biasanya 1 porsi dihargai 2,50€ tergantung lokasi, jika jauh dari tempat turis akan lebih murah. Bentuk sajianya juga bermacam-macam, kadang di sajikan dalam kotak plastik, kadang dengan karton kerucut plus garpu kecil dari plastik dan jelas dengan banyak pilihan toping. Namun secara klasik kita menyatapnya dengan mayonnaise nyammm… dijamin menimbun ribuan kalori :D.

 

Jadi Jika ke Belgia dalam waktu yang lebih Panjang, kunjungi musiumnya yang terletak di Bruges Friet Museum yang terletak di Bruges alamatnya di 33 Vlamingstraat, Bruges, Belgium bias juga cek di situs frietmuseum.be. salam hangat dari Belgia.



 

Please reload

Please reload

Indekostour.

PT Ilumina Trans Indonesia. All rights reserved.