SPRING

SALE

Save Up to 50%

Cantine Aperte : Yuk, Pesta Wine Gratisan !

May 16, 2018

Salah satu festival yang paling dinantikan di Italia sepanjang tahun ini adalah Cantine Aperte! Apa sih Cantine Aperte? Apanya kantin kampus?

 

Cantine Aperte itu secara harfiah diartikan sebagai "Open Wine Cellar". Jadi udah bukan kelasnya open-bot alias open bottle atau buka botol, ini buka pabrik wine-nya! Tidak tanggung-tanggung, hampir semua produsen wine pada "open house"; turis domestik maupun manca boleh bergabung menyaksikan pembuatan wine sekalian mencicipi olahan-olahan anggur terbaik.

 

(Kalau saja di Tangerang pabrik kecapnya pada bikin Cantine Aperte, orang-orang udah pada mabok kecap kali ya)

 

Di pertengahan Mei ini, orang-orang Itali udah pada ancang-ancang buat plesir ke Utara, entah itu ke Tuscany, Chianti, Lucca, atau Siena. Ke kota-kota yang lebih 'minggir' daripada Roma atau Milan. Mungkin secara hiburan kalah jauh, tapi pemandangan perbukitannya indah dan dihiasi ladang anggur di beberapa tempat. Tetapi akhir Mei nanti, tentunya bukan pemandangan yang mereka incar melainkan WINE!

 

Ya, kapan lagi kan ngerasain anggur Super Tuscany gretongan? Anggur Super Tuscany atau Toscana punya banyak jenis, Ansonica Costa dell'Argentario, Bianco della Valdinievole, Maremma Toscana, Moscadello di Montalcino, dan masih banyak lagi. Orang bisa mencicipi aneka wine sambil melihat proses pembuatannya; dari mulai crushing atau penggerusan (sekarang sudah tidak diinjak-injak pakai kaki..tenang), pressing untuk memisahkan benar jus dengan kulitnya, fermentasi dengan yeast, tes laborat, blending dan fining, sampai akhirnya tersimpan di botol.

 

Festival ini diadakan sejak tahun 1993. Saat itu Pemerintah Italia berpikir, Italia merupakan penghasil wine terbesar kedua setelah Perancis. Tradisi Vinification atau Pembuatan Wine sudah berlangsung di Italia sejak Abad 800 Sebelum Masehi! Negara yang bikin anggur jadi wine ini bukan Italia pertamanya, tetapi Yunani (kalau yang pertama banget memang Armenia). Yunani berjaya banget kala itu sampai akhirnya menyeberang Mediterania dan menaklukkan Italia Selatan, tepatnya Sisilia (Sicily). Ketika kedudukan berbalik dan Roma berhasil memukul mundur Yunani, yang tertinggal adalah budaya pembuatan wine-nya - dan tentu saja produknya. Bangsa Roma punya cara sendiri untuk membuat wine-wine terbaik, seperti Abruzzo, Basilicata, Chianti, Sicilia, Sardegna, Veneto, Campania, dan lain-lain.

 

Pada pelaksanaannya di jaman now, Cantine Aperte tidak benar-benar gratis. Orang mulai tahu bagaimana harus berbisnis tanpa harus melanggar aturan di mana mereka seharusnya memberikan minum cuma-cuma. Para vintner atau pembuat anggur ini bekerja sama dengan beberapa agen wisata untuk membuat paket wisata lengkap minum wine, mendengarkan cerita pembuatan wine dan sejarahnya, plus makan siang dengan menu-menu Italiano, serta transportasi. Paketannya mulai dari 150 euro sudah bisa minum di 2-3 wine cellars. Biasanya memang rombongan dari agen-agen wisata tadi yang akan didahulukan saking penuhnya. Sementara kalau mau gratisan, tetap bisa saja asal mau susah payah jalan kaki dari tempat pemberhentian bis terdekat dan cari tahu tempat-tempat wine cellar terbaik di suatu region.

 

Sebenarnya, Cantine Aperte diadakan beberapa kali dalam setahun di Italia. Catet tanggalnya!

 

Agustus : Calici di Stelle pada tanggal 14 Agustus, kamu bisa minum anggur di ruang terbuka sambil menikmati bintang-bintang di langit yang cerah. 

 

September : Cantine Aperte in Vendemmia, perayaan panen anggur

 

November : Cantine Aperte a San Martino, untuk menyambut "Tahun Baru"pada musim tanam. 

 

Desember : Cantine Aperte a Natale, perayaan hari Natal.

 

Buat kamu yang suka penyakitan lambung, mungkin perlu mengontrol betul takaran wine yang kamu minum. Dan, berlaku untuk semuanya.. kalau mau tidak cepat teler, jangan 'mengoplos' atau minum beberapa jenis wine dalam waktu berdekatan.

 

Please reload

Please reload

Indekostour.

PT Ilumina Trans Indonesia. All rights reserved.