SPRING

SALE

Save Up to 50%

Irit Liburan di Eropa Utara, Ini yang Harus kamu Tahu!

May 2, 2018

 

Berlibur di Scandinavian Countries bisa sangat murah lho! Karena kotanya tidak terlalu besar (kotanya saja, tidak termasuk region di sekitarnya), kamu bisa mengitari kota-kota dunia di benua ini dengan hanya berjalan kaki. Syaratnya 5 saja:

 

1. Niat

2. Pakai sepatu keds

3. Bawa passport dan visa milik sendiri (jangan punya orang lain)

4. Bawa air mineral

5. Usahakan pakai Backpack, bukan koper

 

Oke, kita mulai dari perjalanan awal.

Jika kamu mau berlibur ke Eropa Utara dengan penerbangan dari Jakarta, sama aja menyiksa raga dan dana. Karena penerbangan biasanya makan waktu hampir 14 jam ke Belanda untuk transfer dan harus menunggu 1-3 jam, baru lanjut connecting flight ke Eropa Utara selama 1,5 jam. Jadi, itu akan menghabiskan waktumu, bekalmu atau mungkin uangmu untuk beli kopi. Buat kamu yang merokok, hal ini juga mungkin akan menghabiskan rokokmu. 

 

So, please don't waste so much effort for it. 

 

Kamu bisa ambil flight Jakarta-Amsterdam dengan harga mulai dari Rp 9 juta kemudian naik bus ke Copenhagen (bisa pakai Flixbus yang cukup affordable mulai dari 20 euro, fasilitas wifi, toilet dan stop kontak buat charge handphone bahkan bis ini ada aplikasi booking-nya juga-bukan artikel berbayar)! Naik bis ini memang lama banget sih 13 jam. Tapi, lumayan banget karena kamu ngga perlu menginap di hotel (haa!).

 

Tinggal cari jam yang sekiranya kamu bisa tidur di bus. Setelah 13 jam berlalu dan mungkin pantat agak panas, sampai deh di Copenhagen, Denmark! Dari Copenhagen, bisa naik-naik ke negara di atasnya (lihat peta), dengan jalan darat.

 

 

 

 

Ada yang saranin naik penerbangan ke Jerman (Berlin). Are you sure? 

Pertama, Jakarta-Berlin tiketnya cukup mahal, penerbangan biasanya Etihad, Qatar, British Airways, Cathay, Swiss Internasional, atau KLM. Ada juga Garuda Indonesia, tapi kalau harganya sama kadang kita pengen ngicipin maskapai luar, 'kan?

Dan itu harganya Rp 13 jutaan- hampir 70 juta!

 

Karena saya bukan Syahrini, ya saya anggap itu mahal dan mending buat happy-happy di negara tujuan. 

 

Kedua, waktu transitnya bisa sangat lama karena rata-rata 2 kali transit. Bisa jadi transit di Dubai dan Belgrade, bisa di Doha, bisa di Italia, Frankfurt, ataupun di Amsterdam (nah kan transit Amsterdam juga). Kayaknya cuma Turkish Airline aja yang satu kali transit di Istanbul (tukeran shift dulu kali yee).

 

Balik lagi, kadang ada blessing in disguise ketika transit. Ada juga traveler yang emang ngincer transit buat jalan-jalan ke negara yang disinggahi meski hanya sekejap saja (dan hanya sempat update status di airport), sambil nunggu waktu terbang lagi.

 

Kalau nunggu 4 jam lebih, silakan jalan-jalan tapi pastikan visa kamu berlaku di negara itu juga (misal Schengen bisa di beberapa negara). Dan 2 jam sebelum kamu berangkat, kamu sudah harus masuk immigration check

 

Setelah kamu transit 2 kali, baru lanjut connecting flight ke Jerman. Setelah sampai di Tegel Airport (Berlin), kamu harus naik Euro Train, atau Flixbus kalau mau murah. Dari sini Flixbus cuma sekitar 8 jam. Tapi, waktu dan uang kamu habis di jalan. 

 

Apapun itu, jangan sampai kamu kerepotan sendiri yah! Have a nice trip!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Please reload

Please reload

Indekostour.

PT Ilumina Trans Indonesia. All rights reserved.